Kampus dan Industri Ajak Praktisi Sukseskan Terobosan Merdeka Belajar

Berdasarkan data International Labour Organisation, saat ini terdapat 13,4 juta praktisi ahli di Indonesia, dan sekitar 50 persennya tertarik mengajar di kampus, jika ada undangan dari dosen

Oki Hajiansyah Wahab
Sabtu, 04 Juni 2022 | 00:01 WIB
Kampus dan Industri Ajak Praktisi Sukseskan Terobosan Merdeka Belajar
Kemendikbud

Metro, Suara.com- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kedua Puluh: Praktisi Mengajar,Jumat (3/6/2022).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, mengajak para profesional dan ahli di berbagai bidang untuk turut memajukan pendidikan Indonesia dengan turut bergabung dan bergerak bersama menjadi Praktisi Mengajar.

“Kami mengajak seluruh praktisi dan tenaga ahli di seluruh lini industri untuk berkolaborasi dalam Praktisi Mengajar. Lewat partisipasi aktif, mari kita ciptakan bersama sumber daya manusia unggul dan kompetitif di kancah global,” ujar Nadiem.

Nadiem berharap lewat bimbingan dan didikan dari para praktisi dapat berkontribusi pada munculnya para lulusan yang memiliki kompetensi tinggi, punya kepemimpinan, mampu memecahkan masalah, komunikatif, dan adaptif terhadap dinamika dunia kerja.

Berdasarkan data International Labour Organisation, saat ini terdapat 13,4 juta praktisi ahli di Indonesia, dan sekitar 50 persennya tertarik mengajar di kampus, jika ada undangan dari dosen, ada waktu yang cocok, dan diberikan insentif yang adil. Oleh karenanya, Praktisi Mengajar diluncurkan untuk mempercepat kesiapan mahasiswa masuk ke dunia kerja, dengan kolaborasi antara perguruan tinggi, dosen, dan praktisi di ruang kelas.

“Sebenarnya selama ini sudah banyak praktisi yang mengajar di kampus, dan bahkan tidak sedikit yang sifatnya sukarela. Program Praktisi Mengajar kami rancang untuk meneruskan praktik baik tersebut dengan meningkatkan kolaborasi antara praktisi dan pihak perguruan tinggi,” ucap Menteri Nadiem.

“Saya mengimbau perguruan tinggi agar mengundang praktisi ahli terbaik di bidang masing-masing. Misalnya mengundang CEO atau pemimpin perusahaan skala internasional, nasional, maupun regional; pendiri usaha rintisan yang sudah memperoleh pendanaan besar; atau profesional, praktisi senior, atau manajer senior yang telah memiliki sertifikat teknis internasional,” ucap Mendikbudristek.

Pendidikan

Terkini

Film Sayap Sayap Patah garapan Rudi Soedjarwo yang diangkat dari kisah nyata kerusuhan berdarah di Mako Brimob Kelapa Dua Depok pada 2018 silam.

Sejarah & Budaya | 19:23 WIB

Tahun ini, konduktor yang akan memimpin pergelaran GBN adalah Nathania Karina atau yang akrab disapa Nia, lulusan University of Melbourne yang memiliki gelar ganda yaitu Pertunjukan Piano dan Pendidikan Musik

Sejarah & Budaya | 17:00 WIB

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program yang diinisiasi Adira Finance yang fokus terhadap pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia khususnya di desa wisata.

Komunitas | 15:35 WIB

Desa Wisata Undisan akan mendapatkan dukungan dari Adira Finance dalam pengembangan desa wisata yang ramah muslim.

Sejarah & Budaya | 15:30 WIB

Ubud Village Festival 2022 menghadirkan penampilan musik dari deretan musisi jazz tanah air dan internasional serta banyak menarik minat wisatawan ini.

Komunitas | 15:24 WIB

Kolaborasi antara Kemendes PDTT dengan Badan Pangan Nasional tersebut dapat menjadi solusi atas krisis pangan dan juga dapat mengentaskan kemiskinan ekstrim

News | 10:09 WIB

Lewat formulasi arah pembangunan desa yang terstrukur itu, akan menjadi representasi standar pencapaian seluruh pemangku kepentingan

News | 10:06 WIB

Lewat PP ini juga diharapkan dapat terbentuk satu persepsi yang sama di seluruh ekosistem ekonomi kreatif tanah air, khususnya untuk bisa mengambil peluang dalam perkembangan teknologi digital.

Komunitas | 10:00 WIB

Privy sebagai perusahaan yang menghadirkan layanan identitas digital dan tanda tangan digital sejak tahun 2016 berkomitmen terus mendukung, terutama dalam mengoptimalkan digitalisasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

News | 08:12 WIB

Lewat IOI Indonesia, Kemendikbudristek juga berbangga telah menjadi bagian dari komitmen dunia untuk bangkit dan pulih dari pandemi Covid-19 sekaligus memperkenalkan alam dan budaya Indonesia khususnya Yogyakarta yang indah dan berwarna

Sejarah & Budaya | 08:08 WIB

Kemenag juga berkomitmen memasyarakatkan moderasi beragama dan memoderasi beragama masyarakat akan didorong lebih kuat agar intoleransi dan ekstrimisme beragama di masyarakat hilang atau minimal terkurangi

News | 08:00 WIB

Kolaborasi tersebut dilakukan Kemenparekraf/Baparekraf dengan Pertamina, Telkom, dan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara dalam hal komitmen kerja sama rantai pasok UMKM dan Hotel.

Sejarah & Budaya | 00:05 WIB

Bangka Belitung memiliki potensi wisata yang sangat kaya dan harus dikembangkan untuk membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Komunitas | 00:03 WIB

Ide perdagangan antar provinsi penting guna menggenjot ekonomi dalam negeri. Kami apresiasi langkah kedua provinsi ini. Daerah memiliki peran menciptakan ekonomi yang sehat

News | 19:04 WIB

Momentum Harnas UMKM harus dimanfaatkan sebagai dukungan bagi para pelaku UMKM agar cepat pulih dan mampu bertahan di tengah ancaman resesi global.

News | 18:49 WIB
Tampilkan lebih banyak