Bertemu Google di Singapura Sandiaga Tindak Lanjuti Kerja Sama Pelatihan dan Tren Pencarian Destinasi

Sejumlah bahasan penting termasuk rencana kolaborasi ditindaklanjuti dalam pertemuan tersebut seperti diantaranya mengenai gaming, training, program Google Destinations serta tren pencarian pariwisata di Indonesia

Oki Hajiansyah Wahab
Kamis, 02 Juni 2022 | 18:17 WIB
Bertemu Google di Singapura Sandiaga Tindak Lanjuti Kerja Sama Pelatihan dan Tren Pencarian Destinasi
Kemenparekraf

Metro, Suara.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kantor Google Asia Pacific di Singapura untuk menindaklanjuti inisiatif kerja sama dan pembangunan ekonomi kreatif di Indonesia sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam kunjungan kerjanya ke Singapura, Rabu (1/6/2022), memenuhi undangan untuk hadir dan berdiskusi dengan President Google Asia Pasifik Scott Beaumont dan jajarannya di Kantor Google Asia Pacific di Maple Tree Business City di Jalan Pasir Panjang Singapura.

Sejumlah bahasan penting termasuk rencana kolaborasi ditindaklanjuti dalam pertemuan tersebut. Pokok bahasan tersebut diantaranya mengenai gaming, training, program Google Destinations serta tren pencarian pariwisata di Indonesia.

 “Melalui diskusi ini diharapkan akan lahir bentuk kerja sama, kolaborasi dan saling dukung antara stakeholder dan pemerintah sehingga dapat menjangkau lebih banyak lagi partisipan dan perhatian publik pada potensi ekonomi kreatif di Indonesia,” katanya.

Selain itu, Sandiaga mengapresiasi Google terkait tren pencarian destinasi wisata dalam mesin pencari Google yang dinilai mampu menekan biaya promosi. “Terima kasih atas sambutannya,” kata Sandiaga.

Pada pertemuan tersebut juga dibahas tentang digitalisasi bagi UMKM bidang parekraf, peningkatan kapasitas SDM dengan Google Scholarship Certificate, pelatihan bagi tim Kemenparekraf, hingga akses permodalan untuk pengembangan startup game di Indonesia.

President Google Asia Pasifik Scott Beaumont menyambut hangat Menparekraf Sandiaga Uno dan ia optimistis kerja sama kedua belah pihak akan mencapai tujuan bersama yakni kepulihan ekonomi pascapandemi.

"Program yang akan kami jalankan, 'Bangkit Bersama' misalnya dengan pemerintah Indonesia, kami akan mencari kemitraan, termasuk investasi yang akan kami buat, sehingga dapat mencapai tujuan bersama. Dan dengan pariwisata terbaik, dengan pelatihan terbaik akan semakin memulihkan dan memperkuat ekonomi," kata Scott. 

Beberapa kegiatan yang juga telah dilakukan Google di Indonesia sendiri diantaranya adalah Google Play Indie Games Accelerator (kegiatan inkubasi yang bekerja sama dengan Indonesia dan Jepang utk memberi pelatihan kepada pembuat gim/developer). Kemudian Indonesia Google Play Study Jams (kegiatan pembelajaran (online) untuk para developer aplikasi/game yang ada di Indonesia melalui grup belajar dan diharapkan sebanyak mungkin orang untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut).

News

Terkini

pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk dapat memaknai HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai momentum untuk meningkatkan persatuan dari berbagai kemajuan teknologi.

Komunitas | 00:02 WIB

Para pelaku ekonomi kreatif khususnya UMKM didorong untuk dapat onboarding ke marketplace (e-commerce).

Komunitas | 23:04 WIB

Penayangan produk UMKM di e-katalog pemerintah diharapkan akan menyerap produk UMKM, sehingga meningkatkan peluang usaha dan terwujudnya kebangkitan ekonomi.

News | 22:57 WIB

Terdapat 24 UMKM yang terkurasi untuk dipertemukan dengan buyers/investor yang juga mendorong usaha dan investasi berkelanjutan lewat platform ASEAN Access.

News | 16:44 WIB

Kompetisi yang digelar 21-30 Juli 2022 ini diikuti oleh lebih dari 30 negara termasuk tim Indonesia yang menyertakan sebanyak 15 peserta termasuk Arsy Hermansyah, anak pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty sebagai peserta termuda

Komunitas | 15:15 WIB

pengembangan koperasi bertujuan untuk menciptakan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan dengan salah satu strateginya adalah fokus pada sektor riil, seperti sektor pangan, hingga pelibatan perempuan dan generasi muda untuk berkoperasi.

News | 14:03 WIB

Minyak makan merah sudah dipraktikkan oleh negara lain. Minyak makan merah juga terbukti memiliki kandungan gizi lebih tinggi dari minyak goreng komersil bahkan minyak sawit merah Malaysia

News | 14:00 WIB

Agenda ini menjadi media penyatuan visi misi para pelaku usaha di sektor ritel dan pusat belanja modern dalam menyepakati upaya dan langkah bersama untuk bangkit dan pulih setelah pandemi.

News | 12:04 WIB

Pantun telah dikenal lebih dari 500 tahun yang lalu sebagai tradisi lisan masyarakat Melayu di wilayah kepulauan di Asia Tenggara.

Sejarah & Budaya | 12:03 WIB

Angklung merupakan warisan budaya milik Indonesia yang sudah diakui UNESCO sejak 2010

Pendidikan | 12:01 WIB

Kelembagaan koperasi dibutuhkan nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan menjamin kepastian akses terhadap pembiayaan, pemasaran, dan nilai tambah produk.

Komunitas | 10:13 WIB

Meccaya Group mendukung upaya untuk menjaga perdamaian dan kesejahteraan dunia, serta mengangkat kekayaan budaya Kabupaten Magelang ke panggung nasional maupun internasional.

Sejarah & Budaya | 10:05 WIB

HBDI diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM dan para pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia untuk menambah kreativitas dan kualitas pada produknya sehingga dapat berkembang dan menyerbu pasar internasional

News | 10:04 WIB

Kementerian Ketenagakerjaan siap untuk bekerja sama dalam menciptakan kondisi terbaik bagi pekerja dan pengusaha di dunia.

News | 10:02 WIB

Pertumbuhan game di tahun 2020 sebesar 4,47 persen, tertinggi kedua setelah subsektor televisi dan radio. Sumbangan industri game terhadap devisa negara sebesar Rp24,88 triliun.

Komunitas | 10:00 WIB
Tampilkan lebih banyak