BPIP Berharap TV Digital Hadirkan Konten Bernilai Pancasila

Nilai-nilai Pancasila memiliki kekuatan tersendiri untuk melahirkan konten siaran yang lebih baik, ini menantang kreativitas tim produksi siaran TV

Oki Hajiansyah Wahab
Rabu, 25 Mei 2022 | 22:57 WIB
BPIP Berharap TV Digital Hadirkan Konten Bernilai Pancasila
suara.com

Metro, Suara.com - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi berharap migrasi siaran TV dari analog ke digital dapat melahirkan konten-konten terkait sosialisasi nilai Pancasila. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri acara penutupan Konferensi Penyiaran Indonesia 2022 di Yogyakarta.

"Nilai-nilai Pancasila memiliki kekuatan tersendiri untuk melahirkan konten siaran yang lebih baik, ini menantang kreativitas tim produksi siaran TV," kata Yudian dalam keterangan tertulis, Rabu (25/5/2022).

Menurut Yudian BPIP menawarkan program untuk diwujudkan bersama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan media massa elektronik, baik televisi maupun radio. Program BPIP tersebut, menurut dia, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, sehingga harus segera dilaksanakan.

"Untuk mewujudkan program yang melahirkan konten-konten sosialisasi Pancasila bisa digarap bareng dengan semua media. Saya juga mengajak para content creator untuk memproduksi video yang dapat disebarluaskan melalui internet, siaran TV, dan radio," jelasnya.

Yudian menjelaskan pendidikan Pancasila akan diajarkan lagi lewat kembalinya Pendidikan Pancasila sebagai mata pelajaran di sekolah, mulai dari jenjang taman kanak-kanak (TK) sampai perguruan tinggi. Hal itu akan ditandai dengan peluncuran bersama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 1 Juni bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila.

Sumber : Suara.com

News

Terkini

Literasi keuangan adalah salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi dengan lebih cerdas dan berkesinambungan.

Komunitas | 16:18 WIB

Para Pendamping PPH tersebut bertugas membantu proses sertifikasi halal pelaku UMK melalui mekanisme pernyataan pelaku usaha atau sering disebut self declare.

News | 13:07 WIB

Pemerintah Provinsi mendukung Program Asuransi Pertanian melalui Program Kartu Petani Berjaya (KPB) dengan bantuan premi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) 20% untuk 30.000 Ha sawah dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) 20% untuk 2.500 ekor sapi/kerbau.

News | 13:03 WIB

Selain diskon besar-besaran, mengutip siaran tertulisnya, ada juga penawaran lain yang tak kalah menarik yaitu perlindungan asuransi dan program OYO Wizard bagi pelanggan setia OYO.

Komunitas | 08:06 WIB

KCON merupakan Festival K-Culture No.1 Dunia yang diadakan oleh perusahaan hiburan terkemuka CJ ENM dan telah mendorong penyebaran K-pop maupun K-culture di seluruh dunia sejak 2012

Sejarah & Budaya | 08:05 WIB

10.391 ASN Kemenag yang mendapat penghargaan. Mereka tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

News | 08:00 WIB

Program ini juga memberi kesempatan kepada para talenta muda penuh potensi dari Indonesia untuk membangun jejaring dengan talenta-talenta digital potensial dari negara lain yang pastinya memiliki budaya dan latar belakang yang berbeda

Pendidikan | 00:04 WIB

Sandiaga berharap platform WonderVerse Indonesia jadi game changer dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia ke depan.

Sejarah & Budaya | 00:02 WIB

Kegiatan bertema 'Share Your Street Style with Local Brands' ini bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi khususnya sektor ekonomi kreatif dengan memaksimalkan penggunaan produk kreatif buatan lokal.

Komunitas | 00:02 WIB

Selain BBM Siger Group, ikut menerima penghargaan yakni SMPN I Bangur Rejo, SMPN I Sendang Agung, SMPN I Kota Gajah, dan Perkumpulan Poktan Gapsera Sejahtera Mandiri.

Komunitas | 21:14 WIB

Septemberboard adalah even tahunan komunitas skateboard se Lampung yang digelar oleh Metro Skatebaording.

Komunitas | 20:25 WIB

Kemenag ke depan menurutnya harus hadir dengan semangat layanan publik yang tidak hanya prima, namun juga ramah dan tolera

News | 18:24 WIB

Upacara Bendera HUT RI di wilayah perbatasan ini, sebagai penanda jika nikmat kemerdekaan ini harus disyukuri oleh rakyat Indonesia di seluruh pelosok tanah air. Termasuk di desa-desa di wilayah perbatasan

Sejarah & Budaya | 17:32 WIB

Pembangunan ketenagakerjaan adalah bagian yang sangat penting untuk merawat imajinasi kebangsaan Indonesia.

News | 17:28 WIB

Indonesia telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar

Pendidikan | 17:24 WIB
Tampilkan lebih banyak